Jakarta – Humas BKN, Sejalan dengan upaya pemerintah dalam mengembangkan koperasi, Badan Kepegawaian Negara (BKN) melalui Koperasi Profesional dan Bermartabat (Promart) terus melahirkan gagasan baru dalam pengelolaan koperasi. Di antaranya Transformasi layanan koperasi berbasis digital mulai dari bidang simpan – pinjam, layanan toko, belanja online via aplikasi Smartcoop, sampai dengan kerja sama perluasan usaha seperti layanan pengadaan tiket perjalanan dan hotel yang bekerja sama dengan tiket.com dan antavaya; bermitra usaha dengan Coffee Shop/Café bersama Café Sedjenak & Dive in, pengadaan Kredit Elektronik, Kredit Kendaraan Roda Dua, dan Snack Box.

“Tahun ini merupakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi PROMART BKN Tahun Buku 2023 ke-35 dan merupakan puncak kegiatan Koperasi, di mana anggota memiliki kekuasaan tertinggi untuk menjadi tolok ukur bagi Pengurus, Pengawas serta segenap anggota untuk melakukan evaluasi, pembenahan, dan mempersiapkan perencanaan sebaik-baiknya sehingga harapan dan tujuan bersama dapat terwujud,” terang Kepala Biro Umum BKN Nanang Subandi selaku Wakil Ketua Pengurus Koperasi Promart BKN dalam RAT Promart BKN Tutup Buku 2023, Rabu (03/4/2024) di Kantor BKN Pusat Jakarta.

Koperasi Promart BKN sendiri telah mencatatkan laporan keuangan yang positif. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan aset dan pendapatan sisa hasil usaha dibandingkan tahun 2022.

“Saya mengapresiasi seluruh Pengurus dan Pengelola Koperasi PROMART BKN periode 2021 – 2026 atas kerja keras dan kerja cerdasnya. Semoga ke depan semakin tumbuh dan berkembang sehingga bidang usaha jadi pendapatan yang utama, bukan lagi mengandalkan bidang simpan – pinjam yang selama ini menjadi sandaran,” imbau Plt Kepala BKN Haryomo Dwi Putranto selaku Dewan Pembina Koperasi Promart BKN.

Di samping itu, Kepala Suku Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM Jakarta Timur Derliana Melinda Sagala yang hadir dalam RAT turut memberikan apresiasi bagi para pengurus yang mampu menyelenggarakan RAT tepat waktu. “Kami mengapresiasi pengurus dan pengawas yang sudah bisa melaksanakan RAT tepat waktu, yakni 6 (enam) bulan setelah tutup buku tahun buku 2023. Kami juga mengapresiasi laporan yang sudah disampaikan kepada kami, di mana aset per-31 Desember tercatat sebesar 19 Miliar atau mengalami kenaikan sebesar 69%, modal equitas sebesar 11 Miliar atau mengalami kenaikan sebesar 9,7%, dan SHU mengalami kenaikan sebesar 9,64%, paparnya.

Forum evaluasi kepengurusan koperasi BKN yang diikuti oleh perwakilan anggota koperasi dari unit kerja BKN Pusat ini juga menghadirkan Ketua Pusat Koperasi Pegawai Republik Indonesia yang diwakili oleh ketua Ketua Bidang Bimbingan dan Organisasi Widada Sulistya, dan jajaran Dewan Pengurus Koperasi BKN.

Kegiatan RAT Koperasi Promart BKN diakhiri dengan penyampaian Laporan Pertanggungjawaban Pengurus Koperasi Tahun Buku 2023, diikuti dengan Laporan Hasil Pengawasan Tahun Buku 2023, penyampaian pandangan dan tanggapan perwakilan anggota koperasi di unit kerja BKN Pusat, dan ditutup dengan pengesahan kebijakan/keputusan dalam menjalankan roda koperasi BKN yang telah disepakati bersama.

 

 

 
Sumber artikel: bkn.go.id